Friday, September 20, 2013

Mengapa Kita harus Mencuci Tangan Sebelum Makan?

Sebenarnya, apa sih bakteri itu? Kenapa ia bisa membuat kita sakit ?

Bakteri, adalah makhluk bersel satu yang hidup di sekitar kita. Karena ia bersel satu, maka ia amat sangat kecil, mustahil dilihat kecuali dengan bantuan mikroskop. Karena itu, kita seringkali tidak sadar akan kehadiran bakteri.

Bakteri dapat berbahaya bagi tubuh kita, karena jika jumlahnya terlalu banyak dalam tubuh kita, dapat menyebabkan infeksi. Misalnya, diare (infeksi saluran cerna). Bakteri dalam jumlah sedikit yang masuk ke dalam tubuh dapat dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh, namun jika jumlah bakteri yang masuk terlalu banyak atau pada saat daya tahan tubuh kita sedang turun, maka bakteri mudah menyerang.

Mengalahkan bakter ada beberapa cara. Yang pertama, dengan pencegahan, yaitu dengan sering-sering mencuci tangan dengan sabun. Sabun dapat membunuh sebagian besar bakteri pathogen (jahat). Yang kedua, dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh kita yaitu dengan makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Jika kita melakukan kedua hal ini, maka tubuh kita akan sehat dan kuat, dan dapat memenangkan peperangan melawan bakteri jahat.

Bakteri jahat?
Apakah ada bakteri yang baik?

Banyak juga bakteri yang baik. Ternyata, usus manusia merupakan tempat hidup yang ideal bagi trilyunan bakteri. Beberapa diantaranya termasuk yang jahat (pathogen) misalnya Heliobacter pylori yang menyebabkan gangguan lambung, dan Staphylococcus aureus yang menyebabkan keracunan makanan.

Jangan takut dulu. Walaupun ada bakteri jahat di dalam usus, tapi lebih banyak lagi yang baik, yang membantu tubuh mengendalikan bakteri jahat tersebut.

Antara lain yang bernama Bifidobacteria dan Lactobacillus casei Shirota strain. Bakteri baik yang lain adalah yang terdapat pada yoghurt, yang membantu terbentuknya nata de coco yang sering disajikan Ibu, atau yang berperan dalam pembuatan obat antibiotik yang membantu kita sembuh dari sakit.

No comments:

Post a Comment