Saturday, September 7, 2013

Bahaya gula bagi tubuh


Konsumsi gula berlebih bisa meningkatkan berat badan. Hal itu memang jelas. Namun ada banyak ancaman lain dari gula bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini..

Jantung
Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebih mampu mengganggu mekanisme jantung dalam memompa darah. Sehingga jika hal itu dibiarkan, gula sama saja dengan meningkatkan resiko gagal jantung.

Lemak di perut
Kasus obesitas semakin meningkatkan karena banyak orang menjalani gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah konsumsi gula berlebihan. Gula memang berperan sebagai salah satu penyebab utama lemak tertimbun di lingkar pinggang dan perut.

Pembunuh diam-diam
Bukan cuma garam dan tekanan darah tinggi yang bisa membunuh diam-diam, gula juga sama. Sebab ketika orang mengalami kegemukan akibat gula, sebagian dari mereka menganggap nya wajar. Padahal jika dibiarkan, ada banyak penyakit yang akan mengancam.

Kanker
Sifat gula begitu buruk, hampir sama dengan alkohol yang bisa membuat seseorang kecanduan. Ketika gula ditinggalkan , "Pecandu" akan terus merasa lapar dan ingin makan gula lagi.

Hati
Penelitian lain tahun lalu juga membuktikan bahwa gula dan alkohol punya efek yang sama bagi hati, yaitu bersifat racun. Fungsi hati bahkan bisa mengalami gangguan dan kerusakan akibat konsumsi gula berlebihan.

Otak
Beberapa makanan memang tidak punya rasa manis, seperti saus tomat dan roti. Namun ternyata gula bisa saja bersembunyi didalamnya. Oleh sebab itu konsumsi makanan harus selalu diperhatikan.

Usia
Sekitar 180.000 kematian didunia diduga dikarenakan oleh konsumsi pemanis, demikian menurut penelitian terbaru. Tidak heran, sebab gula memang berhubungan dengan resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Diabetes
Inilah bahaya gula yang paling sering disebutkan oleh para ahli, Diabetes. Gula berlebih mengganggu sistem insulin, sehingga konsumsi nya yang tidak dikontrol mampu meningkatkan diabetes tipe 2.

Itulah berbagai bahaya gula bagi kesehatan tubuh. Meski gula dibutuhan, namun jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan.




1 comment:

  1. Thq artikelnya, cukup menarik
    http://www.facebook.com/busanaku

    ReplyDelete