Friday, September 20, 2013

Bahaya AC dan Kipas Angin bagi kesehatan tubuh


Kita sering tidak sadar akan bahaya ac yang langsung mengeluarkan udara dingin ke bagian tubuh kita. Udara dingin AC yang langsung menyembur dan mengenai wajah, kepala dan leher dapat menyebabkan beberapa gangguan serius antara lain:

1. Kelumpuhan wajah sesisi
Biasanya mulut miring/mencong, susah digerakkan dan mata juga susah untuk dipejamkan bahkan bicaranya juga sedikit susah / pelo.

2. Leher tengeng
Pada bagian leher merasa kaku kaku, tidak bisa menengok kesatu sisi, juga nyeri seperti disetrum bila dipaksakan bergerak.
Bila bicara atau batuk akan terasa sakit.

3. Frozen shoulder (bahu beku)
Timbul saat bangun pagi dimana pergelangan bahu teras sakit dan susah digerakkan

4. Carpal tunnel syndrom
Hal ini dialami pada tangan terutama 3 pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala akan lebih terasa pada malam hari dalam kondisi udara yang dingin.

5. Masuk Angin , migren , dan Rematik yang kambuh
Jika terpapar suhu dingin AC dan anginnya secara langsung dan terus menerus berbahaya bagi penderita rematik. Pada penderita migren pun AC bisa memicu kekambuhan.

Untuk mencegah sesak napas karena membiarkan kipas angin dan AC menyala sepanjang malam, setel timer 15-30 menit saat mulai beranjak tidur. Selain itu arah angin pada kipas harus diputar agar angin yang menarah ke tubuh kita tidak terlalu besar.

Kalau memang tidak bisa tidur karena terlalu gerah, menyalakan kipas angin dengan keadaan pintu kamar yang dibiarkan terbuka. Tujuannya adalah untuk menghindari kejenuhan karbondioksida dalam ruangan dan sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik.

1 comment:

  1. makasih buat infonya nih, sangat bermanfaat sekali..

    http://www.tokoobatku.com/obat-migren-herbal/

    ReplyDelete